Coding cepat dengan Sublime Text



Buat para programmer ataupun calon menantu, eh mahasiswa IT maksudnya, pasti udah sangat kenal dengan apa yang namanya coding. Istilah simpel yang diambil dari kata code kemudian ditambah -ing ini adalah kegiatan fenomenal mengolah dan menciptakan program yang bukan hanya melelahkan otak, tapi juga jari-jari kurus si anak IT. Efeknya bisa sampai ke mata, pundak yang kaku dan rasa tidak nyaman di pantat.

Nah, pastinya banyak yang mulai mikir gimana cara biar tuh kode bisa muncul sendiri cuma dengan menatap ke layar komputer. Sayangnya itu masih mustahil. Tapi bukan berarti tidak ada cara ajaib buat munculin kode-kode sialan itu secara otomatis hanya dengan beberapa tombol saja.
Buat anak IT yang dari jaman batu sampai sekarang masih coding dengan bermodal notepad++ (kalau masih pake notepad standar bener-bener ketinggalan jaman), lebih baik cepet-cepet cari alternatif lain deh buat mempermudah proses coding yang melelahkan.
Alternatif yang paling banyak dipakai di jaman modern ini namanya adalah SUBLIME TEXT.



 Apa sih Sublime Text itu?
Dia itu cuma text editor biasa yang ga jauh beda sama notepad++ kok. Yang membedakan paling cuma desainnya yang lebih nyaman dan sejuk di mata, navigasi berbagai file di sisi kiri yang bisa kamu akses dengan cepat semisal kamu coding di banyak file yang berbeda, juga scroll yang lebih efektif dengan bantuan navigasi gambar di kanan atas buat kamu yang codingnya memajang ke bawah. Belum termasuk berbagai plugin-plugin keren yang buanyak sekali membantu proses coding kamu.



Misalnya saja si cupu emmet yang bisa kamu install dengan cara di bawah ini:

Cara menginstal emmet di sublime text 3 klik disini

Hanya dengan satu buah emmet, kamu gak perlu bingung syntax dan variabel yang jumlah hurufnya panjang banget buat diketik. Satu dua huruf ditambah tombol tab udah bisa memunculkan syntax yang kamu maksud atau  juga bisa memunculkan macam-macam syntax yang bisa kamu pakai. 


Selain itu, kamu gak bakal peduli lagi dengan kerapian tiap baris coding kamu karena si emmet bisa memperbaiki indentasi (jarak di awal coding tiap baris) secara otomatis. Dengan kata lain, kalau kamu punya dosen/rekan yang sensitif banget sama indentasi codingmu, biar si emmet yang membetulkan.


Semua itu masih belum termasuk plugin linter yang bisa munculin simbol error di baris tertentu tanpa kamu harus jalanin coding javascript atau php kamu buat cek errornya.
Nah, asyik kan? Langsung coba aja!
Install Sublime text 3 Klik disini

@Bent Hartz

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Tips gadget