Beberapa servis Windows yang bisa anda matikan untuk mempercepat komputer anda




Sadarkah kalian, sistem operasi windows akan menjalankan beberapa proses ketika pertama kali menyalakan PC atau laptop. Ada proses yang muncul di desktop anda dan ada juga yang bergerak di balik dekstop dan membantu proses lain. Proses-proses ini biasanya disebut dengan service.
Proses tersebut ada yang cukup penting, namun ada juga beberapa proses yang sebenarnya tidak kalian butuhkan dan pada akhirnya akan memakan sumber daya PC atau laptop tanpa menghasilkan manfaat apapun.
ada beberapa cara untuk mematikan service yang berjalan ketika startup / komputer menyala, misal anda bisa mengetikan SERVICES.MSC di kotak pencarian dari start menu atau bisa juga dengan System Configuration.

Tampilan SERVICES.MSC:




Tampilan System Configuration:




Melalui system Configuration, kita hanya perlu menghilangkan tanda centang di setiap checkbox. Namun berhati-hatilah karena bisa jadi ada beberapa service yang sangat penting dan tidak boleh dimatikan. Berikut beberapa service Windows yang mungkin tidak kalian butuhkan:


Adaptive Brightness

Service ini tidak dibutuhkan jika komputer kalian tidak mendukung pengaturan tingkat kecerahan (brightness) secara otomatis.

Bluetooth Support Service

Jika anda jarang memakai fitur bluetooth di komputer anda, sebaiknya matikan service ini.

Computer browser

Function Discovery Provider Host
Distributed Link Tracking Client
Function Discovery Resource Publication
HomeGroup Listener
HomeGroup Provider
Offline Files
Server
Workstation
Proses-proses ini hanya berguna ketika saling berbagi file melalui LAN. Jika anda tidak menggunakan fitur network ataupun homegroup untuk berbagi data ke komputer lain sebaiknya matikan service-service ini. Fitur ini berkaitan dengan Network Discovery.

Internet Connection Sharing (ICS)

Service yang digunakan untuk membuat pemancar hotspot sendiri dari komputer anda. Jarang yang mengetahui potensi dari service ini. Jika anda tidak menggunakannya, lebih baik matikan service ini.

IP Helper

Hanya berguna ketika keberadaan IPv6 digunakan. Hampir semua situs dan jaringan menggunakan IPv4, sedangkan IPv6 hanya digunakan untuk keperluan riset. Jika anda tidak menggunakan IPv6, lebih baik matikan service ini.

Remote Access Connection Manager

Remote Access Auto Connection Manager
Digunakan hanya ketika anda membutuhkan fitur Dial-up atau VPN.

Tablet PC Input-service

Jika komputer anda bukan Tablet PC, matikan service ini.

Windows Defender

Semacam antivirus dari Windows untuk mendeteksi software berbahaya. Jika anda sudah memiliki antivirus sendiri ataupun merasa tidak membutuhkan Windows Defender, silahkan mematikan service ini.

Windows Firewall

Jika tidak membutuhkan Firewall, silahkan mematikan service ini.

@Bent_hart

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Tips gadget