8 Tips Membeli Smartphone Bekas

Tips Membeli Smartphone Bekas
Membeli Smartphone bekas / second terkadang membuat kita ragu untuk membelinya.  Terutama orang awam yang membeli smartphone bekas pasti bertanya-tanya apakah aman membeli smartphone bekas?  Apakah Smartphone bekas cepat rusak?

Ketika anda ingin membeli smarphone bekas anda pasti bertanya" bagaimana cara memilih smartphone bekas?  Tidak usah berkepanjangan,  langsung kita simak 12 tips membeli smartphone / android bekas :

1. Periksa body HP
Hal pertama kali yang harus dilakukan ketika membeli smartphone bekas yakni memeriksa kondisi case apakah seduai dengan harga yang ditawarkan atau tidak.

Jika terlalu banyak dent/ lecet pada smartphone,  kemungkinan smartphone tersebut telah banyak terbentur atau jatuh pada saat pemakaian. Hal ini harus dihindari agar saat anda beli dan anda pakai tidak cepat rusak.

2. Periksa baterai
Sebelum menyalakan hp,  cek keaslian baterai dan batrai sudah mengembung atau belum. Jika  terjadi baterai mengembung,  maka terjadi pengecharge an yang tidak sesuai dan sebaiknya mencari smartphone lain.

3. Tanyakan dan cek kelengkapan
Jika smartphone bekas tersebut lengkap ( dos box, charger,  headset,  buku manual, kartu garansi kalau ada) maka smartphone tersebut merupakan barang belian,  bukan curian.

Jika “smartphone tidak lengkap/ tidak fullset",  maka banyak kemungkinan asal usul smartphone tersebut, bisa dari hasil mencuri,  dos box hilang,  barang temuan.

4. Cek segel
Cek segel smartphone sangat penting untuk mencari tahu apakah smartphone tersebut sudah pernah mengalami kerusakan hardware dan di service atau belum.

5. Cek IMEI
Sebelum memeriksa spesifikasi smartphone,  hal ini sangat penting untuk menentukan smartphone ini asli atau replika.  Cara cek imei pada smartphone android yakni ketika di tampilan telepon,  ketikan *#06#.

6. Cek spesifikasi
Cek spsifikasi smartphone tersebut apakah sudah cocok dengan sumber. Jika sudah lanjut ketahap berikutnya.

7. Cek sinyal
Cek sinyal pada dmartphone bekas tersebut apakah kondisi sinyal masih baik.  Jika kondisi kurang baik , anda harus mencari smartphone lain karena hal ini berpengarauh pada fungsi smartphone sendiri sebagai media sosial jarak jauh. 

8. Cek Garansi Smartphone
Jika harga dari smartphone bekas terbilang mahal, maka  anda lihat terlebih dahulu garansi smartphone tersebut masih ada atau tidak. jika masih ada maka itu lah yang membuat smartphone bekas ini lebih mahal dari yang lain. Saya merekomendasi anda untuk membelinya jika masih ada garansi karena jika terjadi sedikit kerusakan, anda bisa menggaransikannya tidak usah keluar biaya service.

@Kyoko Takkaba

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Tips gadget